Rabu, 01 Juni 2011

Tips mendapatkan pencahayaan lebih pada interior rumah yang gelap

354lores 490x300 Tips mendapatkan pencahayaan lebih pada interior rumah yang gelap Jika interior rumah Anda memiliki ruangan yang membutuhkan pencahayaan sedikit lebih banyak, Anda tidak perlu khawatir harus melakukan renovasi dengan anggaran dana yang besar. Cukup dengan beberapa langkah sederhana berikut ini, maka sedikitnya Anda akan merasakan adanya perubahan intensitas cahaya di dalam tempat tinggal Anda.
Berikut ini kami berikan 3 cara termudah yang bisa segera Anda terapkan di tempat tinggal Anda :

1. Tingkatkan daya dari lampu (lampu hias, lampu utama maupun lampu dekorasi) di dalam hunian Anda. Logikanya, jika Anda merasa memerlukan pencahayaan yang lebih terang maka cara termudah adalah dengan meningkatkan daya dari lampu yang digunakan. Ini bukan berarti lalu Anda harus lebih boros energi, karena Anda tetap dapat memilih lampu hemat energi tapi memiliki terang yang lebih besar. Perhitungkan secara mendetil besaran daya yang sekiranya diperlukan sebelum Anda mulai menata ulang instalasi listrik di rumah Anda.
2. Cobalah melakukan sedikit renovasi yang lebih ramah lingkungan, salah satu caranya dengan membuat sebuah Solatube. Solatube adalah pipa cahaya yang membuat sinar matahari masuk ke dalam interior rumah melalui atap sehingga ketika siang hari, Anda tidak lagi memerlukan adanya lampu yang menyala untuk menerangi rumah Anda. Untuk instalasi dan pemasangan Solatube, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan lighting desainer, terutama untuk membuat rancangan konstruksinya.
3. Gunakan metode pencahayaan pasif. Metode ini juga tergolong ramah lingkungan dan hemat energi karena pola utamanya adalah memantulkan cahaya yang ada di luar untuk masuk ke dalam interior rumah Anda. Dapat menggunakan pemilihan warna cat tembok putih (atau warna lain yang cerah), pemilihan warna karpet, aksesori di dalam hunian yang bersifat memantulkan sinar dari luar.
Salah satu nikmat yang harus kita syukuri tinggal di Indonesia adalah sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun, bahkan di kala musim hujan pun kita masih bisa merasakan sinar matahari. Dan kehadiran sinar matahari di dalam interior rumah, tidak saja menyehatkan tapi juga membuat kita seharusnya bisa jadi lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Dengan pengaturan yang tepat, maka penggunaan lampu tambahan sebagai lampu hias pada hunian juga dapat kita maksimalkan tanpa mengurangi tingkat intensitas cahaya yang ada di lingkungan tempat tinggal kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms